Analisis VRIO
Nama : Dwina Mauliddya
Nim : 20191101007
Assalamualaikum...
Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang
analisis VRIO. Apakah kalian sudah tau apa itu analisis VRIO? Analisis VRIO
adalah kerangka analisis bisnis yang merupakan bagian dari skema strategis
perusahaan yang lebih besar. Proses strategis dasar yang dimulai oleh
perusahaan mana pun dengan pernyataan visi, dan berlanjut melalui tujuan,
analisis internal & eksternal, pilihan strategis, dan implementasi
strategis. Suatu alat untuk menganalisa sumber daya internal dari perusahaan
dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber
keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Dalam
analisis vrio ini terdapat 4 unsur yaitu mengenai values (nilai), rarity
(kelangkaan), imitability (kemungkinan peniruan), dan organisasi. Semua jawaban
akan menentukan apakah sebuah sumber daya
atau kapabilitas yang dimiliki oleh
perusahaan merupakan kekuatan atau kelemahan yaitu :
1. Values
Pertanyaan pertama
dalam kerangka analisa ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang
menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi
ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya
dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika
sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini
dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk.
Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi kondisi ini maka perusahaan
memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif.
2. Rarity
Sumber daya yang hanya
bisa diperoleh oleh satu atau sangat sedikit perusahaan merupakan sumber daya
yang dianggap langka. Jika sumber daya dapat dikatakan langka dan berharga maka
perusahaan memiliki keunggulan kompetitif sementara. Di sisi lain, jika
beberapa perusahaan memiliki sumber daya yang sama dan menggunakan kemampuan
tersebut dalam cara yang sama, maka perusahaan dapat dikatakan memilki
keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity.
3. Imitability
Sumber daya yang
memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru, dibeli, dan digantikan oleh perusahaan
pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan pesaing memiliki dua cara yaitu dengan
cara langsung meniru / menduplikasi sumber daya dan menyediakan produk atau
jasa sebanding. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang berharga, langka, dan
mahal untuk ditiru maka perusahaan dapat diasumsikan sebagai perusahaan yang
memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
4. Organisasi
Sumber daya itu sendiri
tidak memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika tidak terorganisir
untuk menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus mengatur sistem
manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat
sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat
mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Kegunaan
analisis VRIO secara umum yaitu untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan
dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber
keunggulan kompetitif berkelanjutan.
Saya
akan jelaskan tentang analisis VRIO dengan ide bisnis kue dessert box atau cake
lumer. Usaha ini memiliki sumber daya yang jelas dan mudah dicari. Problemnya
pada jaman sekarang cake lumer ini masyarakat cenderung mencari makanan yang
terlihat dan terdengar menarik, olahan
cake lumer ini cukup menarik perhatian masyarakat milenial saat ini sebagai
makanan pendamping, dimana dari segi rasa, olahan kue lumer ini menawarkan
cukup banyak rasa yang disajikan. Dari segi harga sangat terjangkau. Solution
yang saya ambil yaitu usaha cake lumer ini dengan kemasan yang menarik dapat
membuat masyarakat untuk mencicipi cake lumer saya yang ada di dalam kemasan
tersebut. Opportunity dapat pertumbuhan pasar memungkinkan meningkat, Peluang
pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan, Keterbukaan untuk
menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang
produksi khususnya.
Sekian
dari saya semoga bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum
Komentar
Posting Komentar