Analisis VRIO

 

Nama     : Dwina Mauliddya

Nim        : 20191101007

Assalamualaikum... Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang analisis VRIO. Apakah kalian sudah tau apa itu analisis VRIO? Analisis VRIO adalah kerangka analisis bisnis yang merupakan bagian dari skema strategis perusahaan yang lebih besar. Proses strategis dasar yang dimulai oleh perusahaan mana pun dengan pernyataan visi, dan berlanjut melalui tujuan, analisis internal & eksternal, pilihan strategis, dan implementasi strategis. Suatu alat untuk menganalisa sumber daya internal dari perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Dalam analisis vrio ini terdapat 4 unsur yaitu mengenai values (nilai), rarity (kelangkaan), imitability (kemungkinan peniruan), dan organisasi. Semua jawaban akan menentukan apakah sebuah sumber daya  atau kapabilitas yang dimiliki oleh  perusahaan merupakan kekuatan atau kelemahan yaitu :

1. Values

Pertanyaan pertama dalam kerangka analisa ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusahaan tidak dapat memenuhi kondisi ini maka perusahaan memiliki kelemahan dalam keunggulan kompetitif.

2. Rarity

Sumber daya yang hanya bisa diperoleh oleh satu atau sangat sedikit perusahaan merupakan sumber daya yang dianggap langka. Jika sumber daya dapat dikatakan langka dan berharga maka perusahaan memiliki keunggulan kompetitif sementara. Di sisi lain, jika beberapa perusahaan memiliki sumber daya yang sama dan menggunakan kemampuan tersebut dalam cara yang sama, maka perusahaan dapat dikatakan memilki keunggulan kompetitif paritas / comptitive parity.

3. Imitability

Sumber daya yang memiliki biaya tinggi akan sulit ditiru, dibeli, dan digantikan oleh perusahaan pesaing. Dalam hal imitasi perusahaan pesaing memiliki dua cara yaitu dengan cara langsung meniru / menduplikasi sumber daya dan menyediakan produk atau jasa sebanding. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang berharga, langka, dan mahal untuk ditiru maka perusahaan dapat diasumsikan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

4. Organisasi

Sumber daya itu sendiri tidak memberikan keuntungan apapun bagi perusahaan jika tidak terorganisir untuk menangkap nilai dari mereka. Sebuah perusahaan harus mengatur sistem manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Kegunaan analisis VRIO secara umum yaitu untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan.

Saya akan jelaskan tentang analisis VRIO dengan ide bisnis kue dessert box atau cake lumer. Usaha ini memiliki sumber daya yang jelas dan mudah dicari. Problemnya pada jaman sekarang cake lumer ini masyarakat cenderung mencari makanan yang terlihat dan terdengar menarik,  olahan cake lumer ini cukup menarik perhatian masyarakat milenial saat ini sebagai makanan pendamping, dimana dari segi rasa, olahan kue lumer ini menawarkan cukup banyak rasa yang disajikan. Dari segi harga sangat terjangkau. Solution yang saya ambil yaitu usaha cake lumer ini dengan kemasan yang menarik dapat membuat masyarakat untuk mencicipi cake lumer saya yang ada di dalam kemasan tersebut. Opportunity dapat pertumbuhan pasar memungkinkan meningkat, Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan, Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang produksi khususnya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

" PROTOTYPE MVP "