Segmentation, Targeting, Positioning

 

Nama     : Dwina Mauliddya

Nim        : 20191101007

Assalamualaikum... Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang STP. Apakah kalian tau pengertian STP secara garis besar? STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu. Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini.  

Saya akan memberikan contoh STP atau Segmentasi,Targeting dan Positioning dalam ide bisnis saya yaitu dessert box atau cake lumer

·         Segmentasi :

-          Segmentasi Geografis

Produk yang saya jual saat ini saya melakukan penjualan secara online dan menawarkan ke konsumen dengan tujuan agar produk  cake lumer sehingga dapat menambah segmen pasar dan membuat konsumen mengetahui akan makanan berkualitas baik.

-          Segmentasi demografis

Produk ini yaitu untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah dewasa juga bisa menikmati cake lumer.

-          Segmentasi psikografis

Produk yang saya tawarkan sangat cocok untuk orang yang memiliki gaya hidup dengan kesenangan atau hobby untuk mencoba makanan cake lumer. Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir akan kesenangan atau hobby dalam ngemil.

-          Segmentasi perilaku

Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen dengan proses produksi yang bersih sehingga dalam hal kualitas dan cita rasa makanan yang saya tawarkan dapat memberikan kepuasan  untuk mencoba makanan dengan kualitas yang baik.

·         Targeting

Target utama saya adalah masyarakat yang memiliki kesenangan untuk mencoba makanan cake lumer ini dengan memberikan produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sasaran pendistribusian dilakukan dengan cara online melalui media seperti instagram, whatsapp, gofood,grabfood yang sering diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi.

·         Positioning

Dalam hal ini kami menjual produk dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal untuk menikmati dan menetapkan harga yang wajar untuk dijual sehingga konsumen tidak perlu menanggung harga yang mahal untuk menikmati makanan dengan kualitas yang baik dan cita rasa yang enak.

Sekian dari saya semoga bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

" PROTOTYPE MVP "