Segmentation, Targeting, Positioning
Nama : Dwina Mauliddya
Nim : 20191101007
Assalamualaikum...
Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang STP.
Apakah kalian tau pengertian STP secara garis besar? STP atau Segmentation
Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan
untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi
target audiens tertentu. Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang
paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini.
Saya
akan memberikan contoh STP atau Segmentasi,Targeting dan Positioning dalam ide
bisnis saya yaitu dessert box atau cake lumer
·
Segmentasi :
-
Segmentasi Geografis
Produk
yang saya jual saat ini saya melakukan penjualan secara online dan menawarkan
ke konsumen dengan tujuan agar produk
cake lumer sehingga dapat menambah segmen pasar dan membuat konsumen
mengetahui akan makanan berkualitas baik.
-
Segmentasi demografis
Produk
ini yaitu untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari
yang muda sampai yang sudah dewasa juga bisa menikmati cake lumer.
-
Segmentasi psikografis
Produk
yang saya tawarkan sangat cocok untuk orang yang memiliki gaya hidup dengan
kesenangan atau hobby untuk mencoba makanan cake lumer. Produk yang saya
tawarkan memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen tidak perlu merasa
khawatir akan kesenangan atau hobby dalam ngemil.
-
Segmentasi perilaku
Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen dengan proses produksi yang bersih sehingga dalam hal kualitas dan cita rasa makanan yang saya tawarkan dapat memberikan kepuasan untuk mencoba makanan dengan kualitas yang baik.
·
Targeting
Target utama saya adalah masyarakat yang memiliki kesenangan untuk mencoba makanan cake lumer ini dengan memberikan produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sasaran pendistribusian dilakukan dengan cara online melalui media seperti instagram, whatsapp, gofood,grabfood yang sering diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi.
·
Positioning
Dalam
hal ini kami menjual produk dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen
tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal untuk menikmati dan menetapkan
harga yang wajar untuk dijual sehingga konsumen tidak perlu menanggung harga
yang mahal untuk menikmati makanan dengan kualitas yang baik dan cita rasa yang
enak.
Sekian dari saya semoga
bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar