Lean Model Canvas

 

Nama   : Dwina Mauliddya

Nim     : 20191101007

Assalamualaikum…Hai selamat datang di  blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang “Lean Model Canvas”. Apakah kalian tau penjelasan Lean Model Canvas secara garis besar? Jadi Lean Model Canvas adalah sebuah template yang digunakan oleh para pengusaha atau pebisnis untuk membantu mereka dalam memecahkan ide agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Template tersebut akan membuat suatu ide yang rumit menjadi lebih fleksibel dan berfungsi untuk menemukan informasi kunci dengan mudah yang dibutuhkan dalam suatu perkembangan bisnis.

Dalam blog saya ini akan membahas penjelasan setiap kotak Lean Model Canvas dengan menggunakan ide bisnis saya yaitu Cake lumer atau Dessert box yaitu :

1.      Costomer Segments

Market size yang saya targetkan ialah disegala usia, sehingga tidak ada batasan khusus untuk mengkonsumsi produk saya. Namun segmentasi pasar saya ialah remaja hingga dewasa. Hal ini dikakrenakan cake lumer merupakan sebuah produk kekinian yang biasanya di nikmati oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa.

2.      Value Proposition

Value proposition yang ditawarkan oleh cake lumer ialah makanan kelas premium yang di bandrol dengan harga murah dan terjangkau. Rasa yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. Dengan dua ukuran yaitu mini size dan medium size tentunya dapat dijadikan cemilan sehari-hari.

3.      Channels  

Sosial media merupakan salah satu media yang paling berpengaruh sehingga saya memanfaatkan instagram dan whatsapp sebagai media promosi. Dan saya juga menggunakan aplikasi pemesanan makanan online (Gojek, Grab, Shopee Food).

4.      Costomer relationship

Menjaga kualitas cake lumer dan juga rasa. Tentu saya juga memberikan potongan harga dan hal ini juga tentunya untuk memberikan anusian kepada customer ketika kami tawarkan promo.

5.      Revenue Streams  

Revenue streams yang saya dapatkan ialah melalui penjualan produk sendiri, peputaran modal awal dan selisih keuntungan kami putar dan kami pisahkan sebagai pembukuaan in out produk.

6.      Key Activities

-          Memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan memuaskan

-          Mempertahankan rasa supaya pelanggan bertahan dan bertambah.

 

7.      Key Resources

Bahan baku merupakan titik utama yang harus didahulukan dalam pengelolaan cake lumer, selain itu juga harus diperhatikan dalam proses pengelolaan produk cukup diutamakan.

8.      Key Partner  

Pihak-pihak yang dijadikan key partner dalam bisnis ini yaitu :

-          Supplier bahan  baku

-          Pemilik toko kue

9.      Cost Structure

-          Mempersiapkan lokasi

-          Pengadaan bahan baku

Nah saya akan memberikan contoh ganbar Lean Model Canvas dengan bisnis saya yaitu Cake lumer

Key partners

-          Reseller

-          Gofood

-          Grabfood

-          Shopee food

 

Key activities

-          Menggunakan bahan dan rasa yang berkualitas

-          Memberikan pelayanan terbaik

 

Value proposition

-          Harga terjangkau untuk semua kalangan

-          Variasi rasa sangat berkualitas

-          Kemasan produk menarik  

 

Customer relationships

-          Memberikan promo di hari tertentu.

 

Costumer segments

-          Anak-anak

-          Remaja

-          Dewasa

 

Key resources

-          Bahan baku

-          Lokasi yang strategi dan mudah dijangkau

 

Channels

-          Instagram

-          Whatsapp

-          Gofood

-          Grabfood

-          Shopee food

 

Cost structure

-          Produksi (bahan baku, kemasan)

-          Mempersiapkan lokasi jualan

 

Revenue streams

Penghasilan yang saya dapat adalah dari hasil :

Penjualan produk cake lumer dengan berbagai varian rasa kepada pelanggan.

 

Sekian dari saya semoga bermanfaat see you next blog, wassalamu’alaikum.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

" PROTOTYPE MVP "