Lean Model Canvas
Nama : Dwina
Mauliddya
Nim :
20191101007
Assalamualaikum…Hai
selamat datang di blog saya untuk kali
ini saya akan membahas tentang “Lean Model Canvas”. Apakah kalian tau
penjelasan Lean Model Canvas secara garis besar? Jadi Lean Model Canvas adalah sebuah template yang digunakan oleh para pengusaha
atau pebisnis untuk membantu mereka dalam memecahkan ide agar lebih mudah
dibaca dan dipahami. Template tersebut akan membuat suatu ide yang rumit
menjadi lebih fleksibel dan berfungsi untuk menemukan informasi kunci dengan
mudah yang dibutuhkan dalam suatu perkembangan bisnis.
Dalam
blog saya ini akan membahas penjelasan setiap kotak Lean Model Canvas dengan
menggunakan ide bisnis saya yaitu Cake lumer atau Dessert box yaitu :
1. Costomer Segments
Market size yang
saya targetkan ialah disegala usia, sehingga tidak ada batasan khusus untuk
mengkonsumsi produk saya. Namun segmentasi pasar saya ialah remaja hingga
dewasa. Hal ini dikakrenakan cake lumer merupakan sebuah produk kekinian yang
biasanya di nikmati oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa.
2. Value Proposition
Value proposition
yang ditawarkan oleh cake lumer ialah makanan kelas premium yang di bandrol
dengan harga murah dan terjangkau. Rasa yang berkualitas dan aman untuk
dikonsumsi. Dengan dua ukuran yaitu mini size dan medium size tentunya dapat
dijadikan cemilan sehari-hari.
3. Channels
Sosial media
merupakan salah satu media yang paling berpengaruh sehingga saya memanfaatkan
instagram dan whatsapp sebagai media promosi. Dan saya juga menggunakan
aplikasi pemesanan makanan online (Gojek, Grab, Shopee Food).
4. Costomer relationship
Menjaga kualitas
cake lumer dan juga rasa. Tentu saya juga memberikan potongan harga dan hal ini
juga tentunya untuk memberikan anusian kepada customer ketika kami tawarkan
promo.
5. Revenue Streams
Revenue streams
yang saya dapatkan ialah melalui penjualan produk sendiri, peputaran modal awal
dan selisih keuntungan kami putar dan kami pisahkan sebagai pembukuaan in out
produk.
6. Key Activities
-
Memberikan pelayanan
yang ramah, cepat dan memuaskan
-
Mempertahankan rasa
supaya pelanggan bertahan dan bertambah.
7. Key Resources
Bahan baku
merupakan titik utama yang harus didahulukan dalam pengelolaan cake lumer,
selain itu juga harus diperhatikan dalam proses pengelolaan produk cukup
diutamakan.
8. Key Partner
Pihak-pihak yang
dijadikan key partner dalam bisnis ini yaitu :
-
Supplier bahan baku
-
Pemilik toko kue
9. Cost Structure
-
Mempersiapkan lokasi
-
Pengadaan bahan baku
Nah
saya akan memberikan contoh ganbar Lean Model Canvas dengan bisnis saya yaitu
Cake lumer
|
Key partners -
Reseller -
Gofood -
Grabfood -
Shopee food |
Key activities -
Menggunakan bahan dan rasa yang berkualitas -
Memberikan pelayanan terbaik |
Value proposition -
Harga terjangkau untuk semua kalangan -
Variasi rasa sangat berkualitas -
Kemasan produk menarik |
Customer relationships -
Memberikan promo di hari tertentu. |
Costumer segments -
Anak-anak -
Remaja -
Dewasa |
|
Key resources -
Bahan baku -
Lokasi yang strategi dan mudah dijangkau |
Channels -
Instagram -
Whatsapp -
Gofood -
Grabfood -
Shopee food |
|||
|
Cost structure -
Produksi (bahan baku, kemasan) -
Mempersiapkan lokasi jualan |
Revenue streams Penghasilan yang saya dapat adalah dari hasil : Penjualan produk cake lumer dengan berbagai varian rasa kepada
pelanggan. |
|||
Sekian dari saya semoga
bermanfaat see you next blog, wassalamu’alaikum.
Komentar
Posting Komentar