Perencanaan Pemasaran

Nama               : Dwina Mauliddya

Nim                 : 20191101007

 

Assalamualaikum... Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang Bauran Pemasaran dalam ide bisnis saya yaitu Cake lumer

·         Produk

Cake lumer merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat (konsumen), untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah dewasa juga bisa menikmati cake lumer. Cake lumer memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti, Red Velved, coklat, blueberry, strawberry, Regal, Oreo.

·         Harga

Cake lumer ini berkisar dari Rp 15.000 sampai Rp 35.000. Harga ini ditinjau dari bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan cake lumer. Selain ditinjau dari segi bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak perlengkapan yang menunjang dalam penjualan cake lumer.

·         Promosi

Promosi yang dilakukan produk cake lumer ini dengan cara penjualan online memposting di WhatsApp, Instagram saya juga memposting di go-food dan grabfood. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis cake lumer ini, karena semua orang dapat mengakses aplikasi.

·         Distribusi

Place merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau konsumen yang tersebar luas. Pemasaran cake lumer ini, bertempat di depan sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis dalam pemasaran cake lumer ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai, dan dapat menarik konsumen yang banyak.

 

Saya akan membuat contoh STP atau Segmentasi,Targeting dan Positioning dalam ide bisnis saya yaitu Cake lumer yaitu :

·         Segmentasi :

-          Segmentasi Geografis

Produk yang saya jual saat ini saya melakukan penjualan secara online dan menawarkan ke konsumen dengan tujuan agar produk  cake lumer sehingga dapat menambah segmen pasar dan membuat konsumen mengetahui akan makanan berkualitas baik.

-          Segmentasi demografis

Produk ini yaitu untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah dewasa juga bisa menikmati cake lumer.

-          Segmentasi psikografis

Produk yang saya tawarkan sangat cocok untuk orang yang memiliki gaya hidup dengan kesenangan atau hobby untuk mencoba makanan cake lumer. Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir akan kesenangan atau hobby dalam ngemil.

-          Segmentasi perilaku

Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen dengan proses produksi yang bersih sehingga dalam hal kualitas dan cita rasa makanan yang saya tawarkan dapat memberikan kepuasan  untuk mencoba makanan dengan kualitas yang baik.

·         Targeting

Target utama saya adalah masyarakat yang memiliki kesenangan untuk mencoba makanan cake lumer ini dengan memberikan produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sasaran pendistribusian dilakukan dengan cara online melalui media seperti instagram, whatsapp, gofood,grabfood yang sering diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi. 

·         Positioning

Dalam hal ini kami menjual produk dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal untuk menikmati dan menetapkan harga yang wajar untuk dijual sehingga konsumen tidak perlu menanggung harga yang mahal untuk menikmati makanan dengan kualitas yang baik dan cita rasa yang enak.

Sekian dari saya semoga bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

" PROTOTYPE MVP "