Perencanaan Pemasaran
Nama : Dwina Mauliddya
Nim : 20191101007
Assalamualaikum...
Hai selamat datang di blog saya untuk kali ini saya akan membahas tentang
Bauran Pemasaran dalam ide bisnis saya yaitu Cake lumer
·
Produk
Cake
lumer merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat
(konsumen), untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari
yang muda sampai yang sudah dewasa juga bisa menikmati cake lumer. Cake lumer
memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti, Red Velved, coklat, blueberry,
strawberry, Regal, Oreo.
·
Harga
Cake
lumer ini berkisar dari Rp 15.000 sampai Rp 35.000. Harga ini ditinjau dari
bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan cake lumer. Selain ditinjau dari
segi bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak
perlengkapan yang menunjang dalam penjualan cake lumer.
·
Promosi
Promosi
yang dilakukan produk cake lumer ini dengan cara penjualan online memposting di
WhatsApp, Instagram saya juga memposting di go-food dan grabfood. Cara ini
sangat membantu dalam perkembang bisnis cake lumer ini, karena semua orang
dapat mengakses aplikasi.
·
Distribusi
Place
merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih
mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang
tepat. Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau
konsumen yang tersebar luas. Pemasaran cake lumer ini, bertempat di depan
sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis
dalam pemasaran cake lumer ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai,
dan dapat menarik konsumen yang banyak.
Saya akan membuat contoh STP atau Segmentasi,Targeting
dan Positioning dalam ide bisnis saya yaitu Cake lumer yaitu :
·
Segmentasi :
-
Segmentasi Geografis
Produk yang saya jual saat ini saya
melakukan penjualan secara online dan menawarkan ke konsumen dengan tujuan agar
produk cake lumer sehingga dapat
menambah segmen pasar dan membuat konsumen mengetahui akan makanan berkualitas
baik.
-
Segmentasi demografis
Produk ini yaitu untuk kalangan umum karena
bisa dinikmati dari semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah dewasa
juga bisa menikmati cake lumer.
-
Segmentasi psikografis
Produk yang saya tawarkan sangat cocok
untuk orang yang memiliki gaya hidup dengan kesenangan atau hobby untuk mencoba
makanan cake lumer. Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik
sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir akan kesenangan atau hobby dalam
ngemil.
-
Segmentasi perilaku
Produk yang saya tawarkan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen dengan proses produksi yang bersih sehingga dalam hal kualitas dan cita rasa makanan yang saya tawarkan dapat memberikan kepuasan untuk mencoba makanan dengan kualitas yang baik.
·
Targeting
Target utama saya adalah masyarakat yang memiliki kesenangan untuk mencoba makanan cake lumer ini dengan memberikan produk berkualitas yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sasaran pendistribusian dilakukan dengan cara online melalui media seperti instagram, whatsapp, gofood,grabfood yang sering diakses atau digunakan oleh konsumen dalam mencari informasi.
·
Positioning
Dalam hal ini kami menjual produk dengan harga yang
terjangkau sehingga konsumen tidak merasa diberatkan dengan harga yang mahal
untuk menikmati dan menetapkan harga yang wajar untuk dijual sehingga konsumen
tidak perlu menanggung harga yang mahal untuk menikmati makanan dengan kualitas
yang baik dan cita rasa yang enak.
Sekian
dari saya semoga bermanfaat see you next blog. Wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar